Apa dan Bagaimana Bukber saat Bulan Puasa Ramadhan

Bukber adalah akronim untuk buka bersama yang menjadi tradisi di masyarakat Indonesia untuk melaksanakan buka puasa di bulan Ramadan. Jargon bukber ini jamak dipakai oleh anak muda yang akan melakukan buka bersama dengan teman-temannya. 


Bukber pun kerap menjadi momen berkumpul dengan teman-teman lama di mana umat Muslim bersama-sama menikmati makanan dan minuman setelah seharian berpuasa. 



Bukber telah menjadi culture dan memperlihatkan semangat komunal dan kebersamaan di antara orang-orang yang berpuasa, dan sering kali menjadi ajang reuni atau temu kangen dengan keluarga, teman, atau kerabat yang sudah lama tidak berjumpa. 


Hubungan antara Bukber dengan Takjil

Bukber dan takjil memiliki hubungan erat dalam tradisi berpuasa di bulan Ramadan. Mari kita bahas lebih lanjut:


Takjil merupakan makanan atau minuman yang dikonsumsi saat berbuka puasa, yaitu ketika waktu berpuasa berakhir dan waktu maghrib tiba. Takjil bermanfaat untuk mengisi perut setelah seharian berpuasa dan memberikan energi sebelum melanjutkan makan utama (makan malam).


Contoh takjil yang umum di Indonesia antara lain: kurma, kolak, es buah, es teler, es campur, dan minuman manis seperti air gula atau sirup.


Adapun bukber seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Bukber adalah singkatan dari buka bersama, yang merupakan tradisi di masyarakat Indonesia untuk melaksanakan buka puasa bersama-sama dengan teman, keluarga, atau rekan kerja.


Ketika bukber, orang berkumpul untuk berbuka puasa dan menikmati makanan dan minuman bersama. Dan takjil kerap menjadi bagian dari hidangan bukber. 


Orang-orang akan menyediakan berbagai jenis takjil untuk dinikmati bersama-sama saat berbuka. Takjil menjadi bagian penting dari bukber. Keduanya saling melengkapi dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama