Melalui Konsep Pentahelix Bunda Bedas Bersama Cegah Stunting

Pentahelix

Pentahelix adalah sebuah konsep yang mengacu pada lima pilar utama dalam ekosistem inovasi yang saling terkait dan saling mendukung satu sama lain. Kelima pilar tersebut adalah sektor pemerintah, sektor akademik, sektor industri, masyarakat, dan media. 

Pentahelix di Kabupaten Bandung
Pentahelix di Kabupaten Bandung (internet)

Konsep pentahelix menjadi semakin populer dalam konteks pengembangan ekonomi berbasis pengetahuan dan inovasi, karena keberhasilan pengembangan inovasi seringkali tergantung pada keterlibatan dan kolaborasi aktif antara kelima pilar tersebut.


Sektor pemerintah dapat berperan sebagai pengatur dan pemfasilitasi, sementara sektor akademik menyediakan penelitian dan sumber daya pendidikan. 


Sektor industri dapat memberikan investasi dan peluang bisnis, sedangkan masyarakat memberikan input dan tanggapan, dan media berperan dalam mengkomunikasikan inovasi kepada masyarakat luas.


Dengan bekerja sama, kelima pilar ini dapat saling menguntungkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi yang berkelanjutan.


Stunting

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh yang ditandai dengan tinggi badan yang tidak sesuai dengan usia anak, akibat dari kekurangan gizi kronis yang terjadi selama masa pertumbuhan anak. 

Stunting di Kabupaten Bandung
Stunting di Kabupaten Bandung (Internet)

Anak yang mengalami stunting memiliki tinggi badan yang lebih pendek dari rata-rata anak seusianya. Kondisi ini dapat terjadi pada anak yang kurang mendapatkan asupan gizi yang cukup, baik karena kurangnya asupan nutrisi yang adekuat atau karena terganggunya penyerapan nutrisi dalam tubuh.


Stunting terutama terjadi pada anak-anak yang menderita kekurangan gizi pada periode 1.000 hari pertama kehidupan, yaitu mulai dari masa kehamilan hingga usia 2 tahun. 


Stunting dapat menyebabkan berbagai dampak buruk pada kesehatan anak, seperti menurunkan daya tahan tubuh, meningkatkan risiko terkena penyakit, dan mempengaruhi kemampuan belajar dan produktivitas di masa depan.


Untuk mencegah stunting, diperlukan asupan gizi yang seimbang dan memadai selama periode 1.000 hari pertama kehidupan, baik dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu selama kehamilan maupun dari makanan yang diberikan kepada anak setelah lahir. 

Pendidikan dan pemahaman tentang pentingnya gizi yang baik juga sangat penting bagi orangtua dan masyarakat untuk mencegah stunting dan meningkatkan kesehatan anak.


Berita Terkait Pentahelix dan Stunting, belum lama ini (Kamis, 4 Mei) - Ketua TP PKK Kabupaten Bandung, Emma Dety Permanawati melakukan sosialisasi Gerakan Konsumsi Sayuran, Susu, dan Telur yang disingkat GEKSSOR.


Kegiatan tersebut berlangsung di Kecamatan Pameungpeuk, Desa Sukamanah dan Margamekar dengan tema Melalui Konsep Pentahelix Bunda Bedas Bersama Cegah Stunting. Tujuan utama dari GEKSSOR adalah Kabupaten Bandung berupaya mencegah serta menurunkan angka stunting sehingga ke depannya dapat menciptakan generasi Indonesia Emas.


Dan kegiatan ini pun melibatkan kolaborator, yaitu PT Malindo Feedmill dan Badan Pangan Nasional yang memberikan bantuan telur. Secara simbolik Bunda Bedas memberikannya kepada keluarga penerima manfaat yang berisiko terkena stunting.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama