Sejarah dan Kiprah PO. Sahabat di Indonesia

Sejarah dan Kiprah PO. Sahabat di Indonesia – Lewat konten YouTube Djody Why, kita sama-sama memahami tentang kisah perjalanan bisnis perusahaan otobus (PO) Sahabat di Indonesia khususnya di pulau Jawa.

Sejarah dan Kiprah PO. Sahabat di Indonesia


Dalam YouTube-nya, Djody Why menuturkan bahwa, PO Pribumi Asli Kota Udang, Cirebon, Jawa Barat ini melegenda masih eksis dan trayek-trayeknya pun kian mendominasi memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat yang berada di pulau Jawa. 


Sejak lama, keberadaan moda transportasi bus di Cirebon, Kuningan dan sekitarnya sudah ada. Dan penumpangnya pun tidak pernah sepi terutama bus yang memiliki pangkalan di Jakarta, Cirebon serta Kuningan.


Dengan nama resmi PT Sahabat Prima Abadi, bus Sahabat menjadi salah satu perusahaan otobus yang melegenda di kota Cirebon. Ada juga yang tidak bisa bertahan dengan kondisi jaman sehingga harus rela punah dari permukaan. 


Tidak saja di kota Cirebon, Bus yang menggunakan karoseri dari Trijaya Union, Laksana dan Adi Putro ini pun mendominasi trayek-trayek di kota lain. Wajar bila menjadi perusahaan transportasi kebanggaan masyarakat kota udang; Cirebon.

Sejarah dan Kiprah PO. Sahabat di Indonesia

Tahukah Anda? Bus Sahabat menggunakan chassis Mitsubishi BM115, Mitsubishi BM117, Hino BX, Hino AK174, Hino AK176, Hino RK174, Hino RK2HM Turbo, Hino RG, Hino RK8, R235, Hino RK8, R260, Mercedes Benz OH 1518 dan Mercedes Benz OH 1521.

Menurut penuturan Djody, pemilik dari PO. Sahabat adalah Hadi Wiyana yang berasal dari Cikampek lalu menetap di Cirebon. Dan awalnya jasa transportasi tersebut merupakan usaha milik keluarga. 

Dan pada 1960-an – sebelum sekarang bernama PO.Sahabat – untuk pertama kalinya, bernama PO. Pedoman dan berhenti beroperasi pada awal 1970-an meskipun pernah menjadi pionir trayek Cirebon – Merak saat itu.

Dan pada Pada 1985, PO Sahabat adalah perusahaan otobus dengan trayek terbanyak di Terminal Harjamukti, Cirebon yang bersaing dengan PO. Bhinneka dan PO. Warga Baru. Untuk trayek Kuningan – Cirebon – Jakarta harus bersaing dengan PO. Kuningan Jaya, PO. Buni Geulis, PO. Setia Negara. 


Namun semuanya tidak bertahan lama dan harus menerima kekalahan dan berhenti beroperasi karena tidak bisa menyaingi PO. Sahabat yang terus mengibarkan benderanya sampai sekarang.

PO. Sahabat melebarkan sayapnya hingga Sumatera dengan memiliki trayek Antar Pulau Antar Propinsi, seperti; Pekanbaru – Jambi – Palembang ke Semarang – Pati Jawa Tengah via Bandung. Selain itu, ada juga trayek Bandung – Cirebon – Semarang – Solo – Wonogiri dan trayek Bandung – Cirebon – Tegal – Purwokerto – Jogya dengan nama trayek Lodaya X Samijaya. Untuk mengelola jasa transportasi wisata, perusahaan yang memiliki hubungan bisnis dengan PO. Bhinneka Sangkuriang (pengelolanya hubungan kakak-beradik) ini memiliki anak perusahaan yang bernama PO. Sahabat Kita.


Sejarah dan Kiprah PO. Sahabat di Indonesia

Perusahaan yang kabarnya membeli Mercedes Benz O500RS 1836 ini pernah berganti nama menjadi PO. Kesatuan yang lantas terpecah menjadi PO. Sahabat dan PO. Bhinneka. Pool utama PO. Sahabat berada di Plered, Cirebon dan memiliki pool lainnya seperti di Kopo – Katapang, Soreang Kabupaten Bandung yang berfungsi sebagai garasi unit bus pariwisata serta di Cibitung – Bekasi tidak jauh dari pabrik Coca-Cola, khusus untuk garasi dan tempat tinggal karyawan.

Kabarnya, Trayek PO Sahabat pernah melayani:

  • Merak – Cirebon PP,
  • Merak – Kuningan PP via Cilimus dan Sindang Laut,
  • Jakarta – Cirebon PP,
  • Jakarta Kuningan PP via Cilimus dan Sindang Laut,
  • Bdg – Cirebon PP,
  • Bdg, Cirebon – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Semarang PP,
  • Jurusan Bandung, Cirebon – Semarang – Salatiga – Solo – Nguter – Wonogiri PP,
  • Bandung – Cirebon – Tegal – Slawi – Prupuk – Tonjong – Bumiayu – Purwokerto PP,
  • Bandung – Cirebon – Purwokerto – Gombong – Kebumen – Purworejo – Yogya PP,
  • Cirebon – Purwokerto – Purworejo – Jogja PP,
  • Pekanbaru – Jambi – Palembang – Lampung – Jakarta – Bandung – Cirebon – Semarang – Kudus – Pati PP.

PO. Sahabat Menerima Jasa Sewa Bus Pariwisata

Dan salah satu garasi tempat untuk memarkir unit-unit bus Pariwisata milik PO. Sahabat ini ada di Kabupaten Bandung, tepatnya di Katapang – Soreang. Nama resmi industri dari perusahaan otobus Sahabat ini, adalah PT. SAHABAT PRIMA ABADI (PO. SAHABAT). Alamat kantornya berpusat di Jalan Raya Tegalsari Plered, Kabupaten Cirebon. PO. Sahabat Menerima Jasa Sewa Bus Pariwisata

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama