Cara Membuat Perkedel Kentang Goreng

Perkedel adalah makanan yang terbuat dari kentang yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan-bahan lain seperti bawang putih, bawang merah, garam, merica, telur, dan tepung terigu atau tepung roti. 


Adonan tersebut kemudian dibentuk bulat atau pipih dan digoreng dalam minyak panas sampai kecoklatan. Perkedel biasanya disajikan sebagai lauk atau pelengkap hidangan nasi, dan bisa juga dijadikan sebagai camilan. 


Selain kentang, bahan lain seperti jagung, ikan, ayam, atau sayuran juga dapat digunakan untuk membuat perkedel dengan variasi rasa yang berbeda. Perkedel adalah makanan yang populer di Indonesia dan sering dijumpai di berbagai warung makan dan restoran.


TAHUKAH ANDA? Ada banyak ragam dari makanan perkedel, makanan khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasanya yang lezat.

 

Meskipun perkedel biasanya terbuat dari kentang yang dihaluskan dan digoreng, namun terdapat berbagai variasi perkedel yang menggunakan bahan-bahan dan rempah-rempah yang berbeda. 




Berikut ini adalah beberapa contoh keanekaragaman perkedel:

Perkedel Kentang: Ini adalah jenis perkedel yang paling umum dan terkenal di Indonesia. Terbuat dari kentang yang dihaluskan dan dicampur dengan bawang merah, bawang putih, telur, garam, dan lada. Kemudian adonan tersebut digoreng hingga matang.

Perkedel Jagung: Dibuat dengan menggunakan jagung manis yang dihancurkan atau dipotong-potong. Jagung tersebut kemudian dicampur dengan tepung terigu, telur, bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan bumbu-bumbu lainnya. Setelah itu, adonan digoreng hingga kecokelatan.

Perkedel Tempe: Terbuat dari tempe yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, kemiri, ketumbar, dan garam. Adonan perkedel tempe kemudian dibentuk dan digoreng hingga matang.

Perkedel Ikan: Dalam variasi ini, ikan seperti ikan tenggiri atau ikan teri dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, cabai, garam, dan lada. Adonan tersebut kemudian digoreng hingga keemasan.

Perkedel Sayuran: Jenis perkedel ini dibuat dengan mencampurkan berbagai macam sayuran seperti wortel, kacang panjang, kubis, atau bayam yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu, telur, bawang merah, bawang putih, daun bawang, garam, dan lada. Setelah itu, adonan digoreng menjadi perkedel yang renyah.

Perkedel Kentang Keju: Dalam variasi ini, keju parut ditambahkan ke dalam adonan perkedel kentang, memberikan rasa gurih dan keju yang leleh saat digoreng.

Itulah beberapa contoh keanekaragaman perkedel yang ada di Indonesia. Terdapat banyak lagi variasi perkedel yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, dengan bahan dan rempah-rempah yang berbeda-beda sesuai dengan selera dan tradisi setempat.


Cara Membuat Perkedel Kentang Goreng 

Berikut adalah resep untuk membuat perkedel kentang goreng:

Bahan-bahan:

  • 500 gram kentang, kupas dan potong kecil-kecil
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus kentang dalam air mendidih sampai empuk. Tiriskan dan hancurkan kentang dengan garpu atau ulekan hingga halus.
  2. Tambahkan bawang bombay, bawang putih, telur, tepung terigu, garam, dan merica bubuk. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Ambil sejumput adonan, bentuk bulat pipih dengan tangan. Ulangi hingga semua adonan habis.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.
  5. Goreng perkedel kentang dalam minyak panas sampai keemasan, balik perkedel agar matang merata.
  6. Angkat perkedel dan tiriskan minyaknya. Sajikan selagi masih hangat.

Selamat mencoba!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama