Tips Negosiasi Gaji yang Tepat untuk Karyawan

Tips Negosiasi Gaji yang Tepat untuk Karyawan

Negosiasi tawaran gaji menjadi hal yang lumrah dan wajar untuk dilakukan oleh karyawan yang hendak naik jabatan atau baru saja melamar di perusahaan baru. Negosiasi gaji memang sesuatu yang sulit untuk diungkapkan oleh karyawan, apalagi jika statusnya adalah anak baru. 

Tips Negosiasi Gaji yang Tepat untuk Karyawan

Namun, negosiasi gaji merupakan hal yang penting untuk dilakukan supaya kamu bisa dapatkan upah yang layak. Tidak mau kamu mendapatkan gaji underpaid dengan beban kerja berlebihan karena tidak berani melakukan negosiasi bukan? Inilah tips yang bisa coba kamu lakukan untuk bernegosiasi soal gaji. 

Tips Melakukan Negosiasi Tawaran Gaji 

1. Cobalah Riset untuk Tahu Kisaran Gaji

Sebelum bernegosiasi mengenai gaji, maka pastikan jika kamu sudah melakukan riset kecil untuk mencari informasi mengenai berapa kisaran gaji yang akan perusahaan berikan kepada kamu. 

Tidak lupa cobalah mencari tahu informasi tentang UMR daerah dan sesuaikan dengan gaji pada pekerjaanmu. Nah, dengan bekal riset inilah, kamu lakukan jadi tahu kisaran gaji untuk diajukan nantinya. 

2. Sesuaikan dengan Skill dan Pengalaman

Setelah melakukan riset, barulah kamu bisa menegosiasikan gaji dan sesuai dengan skill serta pengalaman yang dimiliki. Kamu bisa memikirkan kembali, apakah skill yang kamu miliki saat ini sudah pas dengan posisi dan gaji yang kamu harapkan. 

Apabila kamu merasa yakin dan mampu, maka sampaikan kepada atasan tentang pengalaman, pencapaian, dan skill apa saja yang kamu miliki untuk membuka peluang l mendapatkan gaji yang tepat. 

3. Jangan Sebut Nominal Sebelum Ditanya

Tips menawar gaji di tempat baru adalah ketika atasan atau HRD belum selesai menjelaskan mengenai flow kerja dan gaji, maka jangan langsung sampaikan mengenai angka gaji yang kamu ingin dapatkan. Ketika perusahaan bertanya, maka barulah kamu sampaikan. 

Nah, dengan berbekal riset yang sudah dilakukan sebelumnya, kamu bisa lebih percaya diri untuk sampaikan kisaran gaji yang ingin kamu dapatkan dari perusahaan. 

Hampir semua perusahaan biasanya akan lebih menghargai karyawan yang jago bahasa Inggris. 

Belum jago bahasa Inggris? Gabung saja yuk di EF Adults. Di sini adalah tempat terbaik untuk melatih Bahasa Inggris bagi karyawan. Tingkatkan skill bahasa Inggrismu supaya lebih jago negosiasi tawaran gaji dengan value yang kamu miliki. 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama