Manfaat Berolahraga dengan Rutin

Sebelum masuk pada topik utama tentang Manfaat Berolahraga dengan Rutin, kami awali dengan membahas pentingnya makanan sehat. Faktor ini berhubungan erat saat seseorang berolahraga guna mengimbanginya.

Yang dimaksud dengan makanan sehat yaitu makanan yang kaya akan nutrisi serta mengandung zat gizi makro semisal; karbohidrat, protein, dan lemak sehat dan zat gizi mikro, seperti; vitamin dan mineral. Namun semua makanan tersebut kalorinya tidak terlalu padat sehingga setiap hari tubuh tidak kelebihan kalori saat dibutuhkan.

Tujuan manusia harus mengonsumsi makanan sehat supaya tubuh mereka merasakan kenyamanan, serta memiliki lebih banyak energi ketika beraktifitas dan mampu menghindari penyakit. Di saat kita menyantap makanan bernutrisi yang baik serta seimbang maka kita tidak perlu menjalankan program diet guna melangsingkan atau sebaliknya, sebab tubuh mampu beradaptasi pada bobot berat yang paling ideal.

Dibandingkan dengan pria, wanita lebih condong berperilaku baik terhadap makanan sehat. Hal ini nampak dari cara wanita memaknai kesehatan sebagai alasan dirinya saat memilih makanan, contohnya memerhatikan kandungan gizi dari makanan. Sementara pria, selama dirinya suka dengan suatu makanan maka dia akan mengonsumsi produk makanan tersebut.

Secara umum, setiap orang harus memiliki pola hidup sehat yang merupakan suatu kebiasaan hidup dengan berprinsip menjaga kesehatan. Pola hidup sehat mencakup: 
  1. Pola makan, 
  2. Menjaga kesehatan pribadi, 
  3. Istirahat yang cukup, dan 
  4. Aktif berolahraga. 
Ciri-ciri manusia yang memiliki pola hidup sehat, yaitu;
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, 
  • mengonsumsi makanan berserat tinggi sayuran serta buah segar setiap hari, 
  • hidupnya tenang dan selalu berpikir positif.
Makanan Pola hidup sehat
Foto: internet


Dari banyak bukti-bukti yang mengindikasikan hubungan erat antara kebiasaan berolahraga dan pola makan yang baik terlihat bahwa rata-rata individu dengan berat badan normal lebih sering berolahraga dan makan maka orang tersebut lebih sehat dibanding individu dengan berat badan berlebih. 

Oleh sebab itu, bagi orang yang obesitas saat mencari solusi berat badan adalah dengan mengeluarkan kalori guna mengimbangi asupan kalori - salah satunya lewat berolahraga. Atau para ahli menyebutnya dengan perawatan obesitas mengkombinasikan diet dengan kegiatan olahraga.

Menyoal makanan sehat berarti kita akan berhubungan dengan gizi. Dalam praktek kesehatan, kita mengenal AKG atau DRA. Angka Kecukupan Gizi (AKG) atau Recommended Dietary Allowances
(DRA) adalah nilai kecukupan rata-rata zat gizi sehari bagi hampir semua orang sehat
(97,5%) berdasarkan: 
  1. Golongan umur, 
  2. Jenis kelamin, 
  3. Ukuran tubuh aktifitas fisik, dan genetik dan 
  4. Keadaan fisiologis untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. 
Khusus di Indonesia, Angka Kecukupan Gizi (AKG) disusun dalam Widyakarya Nasional Pangan dan
Gizi (WNPG) setiap 5 tahun sekali sejak tahun 1978. AKG ini merefleksikan asupan rata-rata dalam 1 hari yang dikonsumsi oleh populasi serta bukan merupakan perorangan atau individu. 

Berbeda dengan kebutuhan gizi, menggambarkan banyaknya zat gizi minimal yang diperlukan oleh masing-masing individu sehingga terdapat yang bernilai rendah dan tinggi yang dipengaruhi oleh faktor genetik. 

Fungsi AKG sesuai dengan anjuran, antara lain;
  1. Untuk menilai kecukupan gizi yang telah dicapai melalui konsumsi makanan bagi penduduk. 
  2. Untuk perencanaan dalam pemberian makanan tambahan maupun perencanaan makanan institusi.
  3. Untuk perencanaan penyediaan pangan tingkat regional maupun nasional. 
  4. Acuan pendidikan gizi; dan 
  5. Acuan label pangan yang mencantumkan informasi nilai gizi.
Manfaat Berolahraga dengan Rutin


== Manfaat Berolahraga dengan Rutin ==


Cara-cara yang dapat setiap orang lakukan guna memiliki berat badan ideal, antara lain: 

Mengatur porsi makan 

Setiap orang perlu mengatur porsi makan sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda harus menurunkan berat badan maka porsinya dapat Anda kurangi sedikit demi sedikit atau tambahkan porsinya jika tengah menjalankan program menambah berat badan.

Sarapan 

Banyak orang yang mengabaikan sarapan ketika hendak menurunkan berat badan. Padahal, sarapan tidak saja mampu memberikan energi untuk tubuh manusia agar dapat beraktfitas, namun sarapn bisa menghindari keinginan untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan pada waktu-waktu setelahnya.

Menerapkan pola makan dengan disiplin 

Akibat dari manusia yang tidak disiplin dalam menerapkan pola makan yaitu berat badan tidak stabil. Karena itu, disiplin dan konsisten adalah kunci utama ketika Anda menerapkan pola makan. Buatlah menu makan untuk seminggu, termasuk ketika kita akan bepergian. Usahakan pola makan tetap sama meskipun sedang berkegiatan.
 

Mengonsumsi buah dan sayur 

Untuk menambahkan atau menurunkan berat badan penting bagi setiap orang mengonsumsi buah dan sayur. Kedua jenis makanan tersebut mampu memberikan:
  1. Rasa kenyang lebih lama, 
  2. Mengontrol kolesterol dan gula darah, 
  3. Melancarkan pencernaan, dan 
  4. Melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. 

Berolahraga dengan rutin 

Olahraga mampu membakar kalori dalam tubuh manusia sehingga bisa menurunkan berat badan. Sebaliknya, seseorang yang hendak menaikkan berat badan, maka dengan berolahraga mampu membangun massa otot dan setiap orang dapat berolahraga sedikitnya 30 menit setiap hari.
  
Dapat kita tarik benang merah, bahwa selain faham akan Manfaat Berolahraga dengan Rutin, kemampuan manusia mempelajari berbagai jenis makanan sehat serta mengonsumsinya dengan cara yang tepat mampu memberikan pada dirinya berat badan yang ideal serta tubuh senantiasa sehat dan enerjik. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama