Tidak Akan Ada Perpeloncoan di SMAN 1 Soreang Kabupaten Bandung

Tidak Akan Ada Perpeloncoan di SMAN 1 Soreang Kabupaten Bandung - Terima 432 Siswa, SMAN 1 Soreang Kombinasikan Nilai UN dan Zonasi adalah judul besar yang diberitakan oleh Fokus Jabar dalam pemberitaan seputar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017.

Hal tersebut diutarakan langsung oleh Nunung Sumirat selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Soreang, Kabupaten Bandung.

"Pada PPDB 2017 ini pihaknya telah menerima 432 siswa dari jalur akademis dan non akademis," tegas Nunung.

Nunung menambhkan bahwa, "Sistem PPDB di SMAN 1 Soreang adalah gabungan nilai Ebtanas murni atau nilai Ujian Nasional (UN) dengan zonasi sesuai yang diintruksikan oleh Mendikbud."

Akan tetapi tidak semua tergantung zonasi, SMA artinya nilai UN ditambah dengan zonasi. Ini berbeda dengan SMP yang semuanya tergantung zonasi.

Untuk jalur non akademis seperti jalur prestasi, RMP dan jalur undang-undang, sebanyak 172 siswa diterima dari keseluruhan jumlah pendaftar 187 orang. Selanjutnya untuk jalur akademis, dari 1.595 pendaftar yang diterima hanya 260 orang.

Tidak Akan Ada Perpeloncoan di SMAN 1 Soreang Kabupaten Bandung 

Sesuai aturan Permendikbud, tahun 2017 terdapat ketentuan yang tertuang dalam beberapa pasal berisi aturan seperti; tahun pelajaran 2017-2018, rombongan belajar (rombel) atau kelas maksimal 12 orang dan setiap rombel jumlah siswanya 36 orang.

"Jika sekolah melebihi ketentuan itu ada beberapa sanksi yang akan diterima,” ujar Sumirat.

Tidak Akan Ada Perpeloncoan di SMAN 1 Soreang Kabupaten Bandung
(internet)

Menyoal perpeloncoan, Sumirat memastikan kegiatan yang masih dilakukan di beberapa sekolah
tersebut tidak akan terjadi di SMAN 1 Soreang.

"Semua kegiatan di sekolahnya dilakukan sesuai dengan program dari pemerintah. Kami sudah memeringati semua guru dan OSIS agar tidak mengadakan kegiatan yang mengarah kepada perpeloncoan baik tugas maupun atribut apapun,” tutup Sumirat. [w4/07-ini]

Comments