BPJS Kesehatan Cabang Soreang Mendorong Kepesertaan Hingga 270 Aparat Desa

BPJS Kesehatan Cabang Soreang Gandeng Apdesi Kabupaten Bandung Tingkatkan Kepesertaan di Desa - demikian pokok berita yang sudah ditulis oleh Tribun Jabar yang memberitakan tentang kiprah BPJS Soreang belum lama ini (Rabu, 19 Juli 2017).

Dalam gambar: Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Soreang, dr Irmajanti Lande Batara (baju hijau) dan Ketua Apdesi Kabupaten Bandung, Nanang Witarsa menujukkan MoU kerjasama kepesertaan aparat desa dalam program BPJS Kesehatan JKN-KIS di Hotel Sutan Raja, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (19/7/2017).

Dalam rangka pemenuhan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) untuk seluruh aparatur desa se-Kabupaten Bandung, BPJS Kesehatan Cabang Soreang menggandeng Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bandung. Seperti yang telah dilaksanakan di Hotel Sutan Raja, Soreang belum lama ini (19/7/2017).

BPJS Kesehatan Cabang Soreang Mendorong Kepesertaan Hingga 270 Aparat Desa 

dr Irmajanti Lande Batara selaku Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Soreang serta didampingi oleh Nanang Witarsa selaku Ketua Apdesi Kabupaten Bandung, menandatangani nota kesepahaman kerjasama tersebut.

Dalam penjelasannya, Irmajanti menyebutkan bahwa jaminan kesehatan bagi kepala dan aparat desa telah tertuang dalam UU No. 6 Tahun 2014. 

"Oleh karena itu, pihaknya bekerja sama guna mendorong kepesertaan bagi 270 aparat desa se-Kabupaten Bandung," tegas Irmajanti. 

Hingga hari ini telah terdaftar 39 desa sama dengan 14,5% dari 270 desa sebagai peserta BPJS JKN-KIS. Desa-desa tersebut terdaftar dengan status sebagai pekerja penerima upah badan usaha yang bila merujuk pada undang-undang, dijelaskan bahwa desa merupakan pemerintahan yang terkecil, penyelenggara negara non-PNS. 

"Sehingga (desa-desa yang terdaftar-red) masuk ke dalam kategori PPNPN (pegawai pemerintah non pegawai negeri)," tambah Irmajanti.

Oleh karena termasuk ke dalam PPNPN, maka kerjasama mutualisme antara kedua belah pihak (Apdesi dengan BPJS Kesehatan Cabang Soreang) sangat positif bagi kepala serta perangkat desa. [w4/07-ini]

Comments