Positif Flu burung, 2200 Itik Mati di Kabupaten Bandung Sepanjang Februari 2017

Positif flu burung, 2200 itik mati di Kabupaten Bandung sepanjang Februari 2017 - Flu burung atau avian influenza merupakan fenomena penyakit yang terjadi pada hewan namun bisa berdampak negatif bagi manusia.

Flu burung yang dikenal pula dengan istilah penyakit influensa unggas (avian influenza), atau lebih dikenal sebagai “wabah flu burung”, berdasarkan catatan pakar kesehatan dijelaskan bahwa pertama kali terjadu kasusnya pada 1878 sebagai wabah yang menjangkiti ayam dan burung di Italia (Perroncito, 1878), yang disebut juga sebagai “Penyakit Lombardia” mengikuti nama sebuah daerah lembah di hulu sungai Po.

Walaupun pada 1901 Centanini dan Savonucci berhasil mengidentikfikasi organisme mikro yang menjadi penyebab penyakit tersebut, akan tetapi faktanya baru pada 1955 tercatat adanya petunjuk yang menjelaskan tentang ciri-ciri dari organisme sebagai virus influensa A.

Virus flu burung menjangkiti dan menjadi infeksi jamaknya terjadi tanpa menunjukkan gejala (asimtomatik), pasalnya virus influensa A merupakan genus berpatogenisitas rendah serta dan hidup bersama secara seimbang dengan penjamu alam.

Influensa unggas menyita perhatian masyarakat dunia khususnya pakar kesehatan pada saat ditemukannya strain (turunan) dari subtipe H5N1 yang sangat patogen. Disinyalir untuk kali pertama muncul di Cina Selatan sebelum tahun 1997.

H5N1 tersebut menyerang ternak unggas di seluruh Asia Tenggara dan secara tidak terduga melintasi batas antar kelas ketika terjadi penularan dari burung ke mamalia seperti kucing, babi hingga manusia.

Sejumlah kasus infeksi yang terjadi pada manusia ditandai dengan gejala parah dan menimbulkan kematian. Pemandangan ini sudah menimbulkan kekhawatiran akan kemungkinan terjadinya pandemi infeksi virus strain H5N1.

Sederetan bukti yang menunjukkan bahwa virus H5N1 telah mengalami peningkatan potensi patogenik pada beberapa spesies mamalia. Karena itulah, dapat dipahami bahwa hal ini telah menimbulkan kekhawatiran umum di seluruh dunia.



Nampak pada potret di atas, tindakan antisipasi penyuntikan ternak unggas di radius 1 km dari outbreak kandang terjangkit flu burung di Kampung Lebakwangi, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, belum lama ini (24/02/2017).

Untuk di Bandung sendiri khususnya kabupaten Bandung, melansir akun Adalah Kab. Bandung di Instagram telah dilaporkan bahwa kasus pertama di 2017 tentang flu burung di awali dengan adanya kasus matinya ribuan itik (2200) yang terjadi di Kampung Lebakwangi, Soreang.



Sumber foto: https://www.instagram.com/p/BQ7QFv1B0qK/

Comments