Baju Batik Pria Murah

Beberapa tahun yang lalu admin pernah ke Cirebon dan mengunjungi sebuah toko batik yang
menyediakan batik khas Cirebon. Di samping bangunan toko batiknya besar juga aneka ragam
batik yang disedikan pun terbilang lengkap.

Tujuan awalnya sih saya bersama saudara-saudara keluarga besar di Soreang hanya akan ke Majalengka saja. Namun karena takjauh dari Majalengka - dalam tempo 1,5 jam saya sudah sampai di Cirebon.

Berbicara mengenai Cirebon dan batik, jejak rekamnya menyebutkan bahwa batik Cirebon termasuk golongan Batik Pesisir, akan tetapi sebagian lagi menyebutkan batik Cirebon termasuk dalam kelompok batik keraton. Ada dua keraton di Cirebon, yaitu Keratonan Kasepuhan dan Keraton Kanoman.

Menurut sejarahnya dari dua keraton tersebut mewariskan seni dan budaya batik dengan desain batik Cirebonan Klasik. Dan sampai dengan hari ini sebagian masyarakat desa Trusmi masih berkreasi dengan warisan batik tersebut.

Beberapa nama motif batik berdasarkan daerah-daerah di desa ini antara lain; Mega Mendung,
Paksinaga Liman, Patran Keris, Patran Kangkung, Singa Payung, Singa Barong, Banjar Balong, Ayam Alas, Sawat Penganten, Katewono, Gunung Giwur,  Simbar Menjangan, Simbar Kendo dan lain-lain.
***

Pada dasarnya batik adalah sebuah proses pembuatan batik dengan menggunakan media canting dan lilin atau wax. Tetapi pada perkembangannya, batik terbagi menjadi beberapa kategori, sebut saja; batik tulis, batik cap dan batik print.

Batik tulis. Hingga hari ini tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan kali pertama orang membatik tulis? Berdasarkan sebuah catatan sejarah menyebutkan bahwa, seorang yang bernama Binang Oen pembawanya. Dia adalah salah satu anak buah kapal dari Laksmana Ceng Ho.

Catatan lain menyebutkan, seperti yang ditulis oleh Robyn Maxwell lewat bukunya dengan tajuk, Textiles of Southeast Asia: Tradition, Trade and Transformation. Dalam buku tersebut, Robyn menyebutkan bahwa batik baru mulai berkembang di bumi nusantara pada abad XVII.

Lalu ada Batik Cap. Karena semakin banyaknya permintaan atas batik di Indonesia. Untuk mengatasinya diciptakanlah batik cap, konsep ini mulai ditemukan sekira abad XIX. Saat itu para pembuat batik mulai mencari jalan keluar atas tidak seimbangnya produksi dengan permintaan karena terkendala sumber daya manusia. Dengan adanya produksi batik cap, permintaan dalam jumlah yang besar tapi dalam waktu yang pendek bisa ditangani.

Batik Printing. Persis dengan teknis penyablonan, batik printing mencoba hadir sebagai pembeda dari konsep-konsep batik sebelumnya. Keuntungan dari produksi batik printing adalah dari sisi waktu yang terbilang efektif. Di saat terpatok oleh waktu yang sedikit tetapi harus mencetak produksi dalam jumlah yang banyak -bagi batik printing- tidak menjadi persoalan.

Yang takkalah penting dari batik adalah penggunaan ornamen-ornamen yang ditampilkan. Ornamen pun memiliki peran penting dalam setiap model yang diproduksi. Kenapa? Karena berkat ornamen, batik bisa memiliki nilai estetika yang lebih baik.

Ornamen atau ragam hias pada batik ada bermacam-macam, seperti;
  • Ornamen Meru. Ornamen ini menyerupai bentuk gunung Mahameru yang diyakini sebagai tempat tinggal atau singgasananya para dewa. 
  • Ornamen pohon Hayat. Sebuah pohon imajiner sebagai pohon surga. Ornamen ini memiliki sifat perkasa dan sakti serta menjadi lambang kehidupan.
  • Ornamen Lidah api. Dalam batik, ornamen ini pun sering ditampilkan pada kain yang diproduksi. Namanya yang agak menyeramkan ini melambangkan ambisi dan kesaktian. 
  • Ornamen ular atau naga. Ornamen ini ditampilkan dengan memunculkan ular atau naga dengan mahkota di kepalanya. Ragam hias yang satu ini melambangkan kesaktian serta kekuatan yang luar biasa. 
  • Ornamen Garda. Berasal dari kata Garuda, ornamen ini menampilkan gambar burung besar yang melambangkan kejantanan dan kekuasaan.

Baju Batik Pria Murah

Dulu, hanya orang-orang dari kalangan tertentu atau hanya pria-pria berumur yang memiliki jabatan sebuah perusahaan atau pengusaha kaya raya yang kelihatan mapan kehidupannya.

Baju Batik Pria Murah
Baju Batik Pria Murah
Lain halnya dengan kondisi saat ini - Baju Batik Pria Murah kini sudah semakin diterima oleh masyarakat dari berbagai segmentasi. Sebuah indikasi positif sehubungan dengan perkembangan fashion dalam negeri.

Pria dari kalangan anak-anak muda sekarang sudah tidak gengsi lagi bahkan bangga mengenakan batik. Pasalnya, selain semakin menyadari memakai baju batik sebagai wujud dari melestarikan budaya leluhur - juga saat ini mulai banyak desainer yang cakap memadu-padankan baik itu motif, ornamen dan warna batik menjadi lebih menarik.

Berbicara tentang baju batik pria murah, saat ini sudah banyak tersebar di marketplace online seperti MatahariMall yang memamerkan produk fashion batik. [w1/07_GV]

Comments