3 Destinasi Wisata di Ciwidey

Ciwidey merupakan nama kecamatan di Kabupaten Bandung. Ciwidey adalah nama yang diambuil dari bahasa Portugis Kuno, yang artinya; Ciwi atau buah kiwi sedangkan Dey adalah hari.

Kecamatan Ciwidey terletak di selatan Kota Bandung, wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Cianjur. Di sini terdapat akses jalan yang menghubungkan Ciwidey dengan Cianjur Selatan.

Seorang kawan pernah bercerita kepada saya belum lama ini (17/5), bahwa dirinya berangkat dari rumah (seputaran Cibiru) ke Ciwidey berangkat pukul 8 pagi lalu sampai di rumah pukul 8 malam.

"Memang waktu selama 12 jam sudah kenyang dengan jajan, makan dan berwisata," jelas teman saya itu.

Ada 3 Destinasi Wisata di Ciwidey yang bisa Anda jadikan pilihan saat mencoba jalan-jalan ke Ciwidey lewat kota Soreang, yaitu;
  1. Situ Patengan,
  2. Kawah Putih dan
  3. Taman Kelinci.

Situ Patengan

Jamak masyarakat menyebutnya dengan Situ Patenggang. Situ atau danau yang satu ini terletak di Ciwidey. Berlokasi yang takjauh dengan kawasan lain, yaitu Kawah Putih.

A photo posted by Kristina martha liana (@kristinamartha) on

Situ Patengan bertempat di dataran tinggi atau sekitar 1600 dari permukaan laut dan berada di kaki gunung Patuha.

Saat Akang Teteh berada di Situ Patengan coba untuk merasakan udaranya yang dingi dan segar sebab posisinya di ketinggian tersebut.

Kawah Putih

Seperti yang disebutkan bahwa Kawah Putih merupakan lokasi wisata yang takjauh dari Situ Patengan atau Situ Patenggang.

Kawah Putih merupakan danau yang terbentuk akibat letusan gunug berapi yaitu gunung Patuha. Dan kontur tanah di kawasan wisata ini terbilang unik. Tanahnya berwarna putih, akibat dari belerang yang berbaur dengan tanah di sini.

A photo posted by Yusanuari Alaniri (@yusanuarialaniri) on

Taman Kelinci

Taman Kelinci juga termasuk tempat wisata yang berada di Ciwidey. Lokasinya berdekatan dengan bumi perkemahan Ranca Upas.

Sebelum menuju Ranca Upas, Akang Teteh akan diperihatkan patung kelinci yang cukup menarik perhatian dengan tulisan di bawahnya, "Taman Kelinci Ciwidey".

(foto: pegipegi)
Bila datang dari arah Bandung, Taman Kelinci berada di sebelah kiri dekat dengan Gapura Resort Ciwidey. Di sini, selain akan menjumpai binatang Kelinci juga pengunjung akan menemukan resto dengan banyak pilihan menu.

Aneka timbel, sosis, roti, hingga makanan yang masih musim hingga sekarang; Ramen. Harga makanan yang ada di Taman Kelinci relatif standar. Misal; Bakso Keju dibanderol dengan harga 16 ribu saja.

Itulah sekilas artikel 3 Destinasi Wisata di Ciwidey yang bisa dijadikan acuan bagi Akang teteh yang akan berwisata ke Soreang dan melanjutkan perjalanan ke Ciwidey. Selamat bersenang-senang!

Comments

  1. Kok nama temannya tidak disebutkan sih, sekalian sama blognya dong sebutin hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. bisi salah kaprah.. soal perijinan

      Delete

Post a Comment