Banyak Ilmu Tertanam Saat Ikut #KelasBlogger 6

Jarak Bandung - Jakarta tidak menyurutkan semangat kami untuk hadir di sebuah tempat belajar. Apalagi topik belajar kali ini merupakan materi yang sangat bernilai, fotografi dan videografi.

Kedua materi tersebut hari ini merupakan materi yang berperan penting bagi setiap blogger dalam menulis artikel. Sebab, trend yang terjadi sekarang; sebuah artikel akan terasa energik bila diberi 'suplemen' berupa foto terutama video.

Bahkan cukup dengan video, sekarang seorang blogger takperlu lagi membuat artikel yang panjang kali lebar menjadi luas hehe ...

Dengan hadirnya Vlog alias Video Blog - tulisan bisa sebagai bridging saja, hanya menjadi jembatan bagi pembaca yang selanjutnya kita ajak menonton video yang sudah kita buat.

Makanya, saya merasa senang sekali saat ada kesempatan emas untuk mempelajarinya. Adalah #KelasBlogger, sebuah wadah non komunitas yang memiliki tagline, "Belajar Bersama, Bersama Belajar" ini sebagai inisiator kegiatan kemarin (Minggu, 20/3) di bilangan jalan Menteng lebih tepatnya di gedung NIC (Nutrifood Inspiring Center).


Meskipun #Kelas Blogger kemarin sudah masuk kali ke 6, materinya selalu saja bikin penasaran. Sebelumnya saya pun menjadi peserta kelas ini saat di Bandung pada pertengahan bulan Desember di akhir tahun lalu (Sila baca: Terlambat Mengikuti Kelas Blogger Bareng KUDO).

Banyak Ilmu Tertanam Saat Ikut #KelasBlogger 6

Meskipun materi hanya dua namun pembicara ada empat! Kok bisa gitu ya? Itulah hebatnya #KelasBlogger! Semangat berbagi dari setiap individunya begitu tinggi.

Empat pemateri yang sudah berbagi ilmu pada #KelasBlogger di NIC kemarin, yaitu; Kang Dudi, Mas Dede, Mbak Icha, dan satu lagi materi yang takkalah seru dari Smartfren dibawakan oleh masbro Seno.

Saat menyampaikan sesi Fotografi, Kang Dudi memberikan banyak sekali pengetahuan tentang memotret yang 'bicara'. Faktor penentu baik tidaknya hasil memotret bergantung pada teknik komposisi. Karena itu Kang Dudi berbagi ilmu tentang Teknik Komposisi dalam Fotografi saat itu.

"4 unsur utama dalam foto adalah; teknis, posisi, komposisi dan momen," jelas Kang Dudi Iskandar dengan nadanya yang tenang.

"Dari keempat unsur tadi, hanya momenlah yang takdpat diulang," tambahnya.
Kang Dudi (berdiri) saat memberikan materi Teknik Komposisi Fotografi (foto: dok.pri)
Seusai belajar bersama, bersama belajar dengan Kang Dudi, semua peserta selanjutnya diajak untuk memahami adanya Peluang dan Tantangan Menjadi Vlogger.

"Dunia blog (Indonesia-red) sudah sedemikian keras (persaingan dan perubahannya-red). Tidak cukup mengandalkan artikel yang mengetengahkan tulisan saja."ujar Kang Dede di hadapan semua peserta #KelasBlogger 6 kemarin.

Di sisi lain kita bisa mengambil peluang dengan menjadi seorang Video Blogger, yaitu; pemain video blogger masih bisa dihitung dengan jari. Video blogger bisa membidik sasaran memenangkan lomba blog dibandingkan dengan peserta lomba yang tidak memanfaatkan video dalam artikelnya.

Menurut pria tinggi ramping berkacamata ini, dengan tegas menyebutkan, "Video yang bagus itu adalah video yang simpe,elegan."
Mas Dede sesi Video Blogging(foto:dok.pri)
Untuk itu agar dapat menciptakan sebuah video yang bagus-menurut penulis hal-hal yang berkaitan dengan teknologi ini- kita supaya menghindari hal-hal yang berlebihan, misalnya penggunaan animasi yang terlalu banyak atau durasi yang kepanjangan.

Kemudian selepas Kang Dede, peserta berkesempatan untuk istirahat, sholat dan menikmati hidangan dari peserta,oleh peserta dan untuk peserta.

Acara dilanjutkan dengan menghadirkan pembicara tamu, mas Seno Pramuadji yang mengetengahkan materi Social Video Content Marketing. Sebelumnya peserta kelas blogger diberi jeda untuk istirahat dan sholat serta takketinggalan coffee break.

Waktu memasuki sesinya, Seno mengatakan, "Social Video itu merupakan cara baru dalam meramu konten untuk jualan."

Meskipun dibawakan dengan caranya yang santai mas Seno membawakan materinya dengan penuh canda -seperti, "Siapa saja yang masih pada pake 3G?" Suasana kelas pun menjadi riuh.
Usai memberikan materi,Seno Pramuadji dari Smartfren dihadiahi Kaos Kelas Blogger (foto: dok. pri)

Belajar bersama dan bersama belajar semakin lengkap dengan hadirnya mbak Icha yang memberikan materi seputar mengisi suara sebuah video atau biasa disebut dengan Voice Over.

"Apapun gadget-nya, yang penting punya daya kreatifitas dan dapat menggunakannya dengan baik dan benar. Pasti bisa kok mengisi suara saat membuat sebuah video," ujar istri dari Kang Dede ini sambil senyum merekah.

See? Puas nampak dari senyum yang merekah peserta kelasBlogger6 (dok.pri)
Itulah sedikit ulasan yang bisa saya sampaikan tentang kegiatan Kelas Blogger ke-6 ini. Saya dengan seorang teman; Abah Raka taksia-sia dapat hadir di kelas ini. Terima kasih Kang Arul dan Bang Udin sudah menyambut kami berdua dengan baik, dan kita merasakan Banyak Ilmu Tertanam Saat Ikut #KelasBlogger 6 ini.

Nuhun Kelas Blogger!

Foto lain:
Coffee break

Aturan memasuki gd. NIC Menteng

Pemenang live tweet

swa foto bareng seno pramuadji (tengah) dan Mas Cahyanto
Oya! Resume Video 3 menit yang berhubungan dengan Banyak Ilmu Tertanam Saat Ikut #KelasBlogger 6 ini ada di channel unyu-unyu saya ... atau lihat videonya di bawah ...

Comments

  1. Keren euyyy....
    Salut pokoknya buat Kang Ade n friend yang sudah jauh jauh dr Bandung ke Jakarta

    Makasih kang ade :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak.. terima kasih atas obral ilmunya :)

      Delete
  2. saya mau nih belajar menulis, tapi menulis artike bentuk listicle kayak di hipwee, kalo ada infonya bisa tolong email ke kholis303@gmail.com , makasih mbak hehe

    ReplyDelete
  3. makasih min udah berbgai obralan yang bermanfaat, jangan bosan ya min ngasih terus ilmu ke kita ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, doakan saja - trim sdh datang + komentar :)

      Delete
  4. maksih for your sharing, kereen dah..

    ReplyDelete

Post a Comment