Potret Taman Kota Soreang Terkini

Sudah sejak 2013 warga kabupaten Bandung khususnya yang berada di sekitar Cingcin telah memiliki sarana olahraga berupa taman. Warga sekitar daerah ini biasa mendatanginya, dan taman ini diberi nama Taman Kota Soreang.

Di Taman Kota Soreang, siapa saja bisa berolahraga seperti jalan sehat, jogging, atau sekadar nongkrong menghirup udara segar pagi atau sore hari di sini. Anak-anak, orangtua dan remaja seringkali mengunjungi taman ini.

Seperti tadi pagi, saya bersama istri menyempatkan datang ke taman yang dibangun oleh pemerintah kabupaten Bandung dalam upaya mewujudkan Ruang Terbuka Hijau ini.

Ada banyak anak SD berseragam olahraga dibimbing oleh gurunya, berolahraga di sini. Saya juga melihat seorang ibu muda dibantu oleh anaknya difoto menggunakan ponsel pintar - berpose dengan memegang pada besi yang menjulang yang baru dibangun dengan cat jingganya.

Saya mengambil beberapa Potret Taman Kota Soreang tadi pagi dan ada yang menyita perhatian, yaitu bangunan pos petugas pengelola taman yang sejak semula sudah berdiri di sisi depan taman.

Tadi pagi saat saya sempat mengambil beberapa gambar bangunan yang nampak segar dan mentereng. Padahal, bangunan tersebut pernah menjadi bulan-bulanan tangan-tangan jahil. Sering sampai ke telinga saya kalau barang-barang yang ada pada bangunan tersebut banyak yang dicuri selain vandalisme mengotori sekujur badan bangunan.
potret taman kota soreang lama dan baru
Tadi pagi saat saya ambil gambar bangunan tersebut yang nampak segar dan mentereng. 
Selain bangunan yang nampak baru, ada pula pemandangan lain yang takkalah menarik perhatian. Seperti lampu-lampu taman yang bola lampunya masih dibungkus plastik tanda masih 'gres'. Begitu pula dengan kursi taman yang dibuat permanen tidak bisa dipindah-pindah posisinya,serta besi menjulang yang melengkung saling bertemu memayungi jogging track sepanjang lebih kurang 3 - 4 meter ada di beberapa titik.

Perlunya Kesadaran Pengunjung Taman untuk Menjaga Kebersihan Taman Kota Soreang

Ada yang mengurangi keindahan dari bangunan dan hal-hal baru di Taman Kota Soreang, seperti jogging track yang rusak, tidak sedikit - rerata sepanjang jalan yang dipakai orang untuk berlari ini rusak. Lalu rumput yang tidak terawat atau kurang pengelolaan dari pihak pengembang (bila taman ini ditenderkan) atau dinas tata ruang pemkab Bandung.

Peran serta pengunjung taman kota Soreangpun sangat menentukan keasrian taman ini. Tadi pagi saya lihat masih banyak sampah yang berserakan - sampah terlihat tidak pada tempatnya. Wajah Taman Kota Soreang jadi ternoda akibat ulah oknum yang takbertanggungjawab.

Bukannya dibersihkan, pot bunga malah dikotori dengan plastik bekas jajanan dan minuman.  (Foto: kang Adetruna)
Taksaja di satu tempat,hampir di setiap sudut ruang yang ada di Taman Kota Soreang dikotori sampah yang dibuang sembarangan. (Foto: kang Adetruna)

Inilah Potret Taman Kota Soreang Terkini

Lampu taman yang ada di Taman Kota Soreang. (Foto: kang Adetruna)
Lorong menuju toilet pada bangunan pos yang ada di Taman Kota Soreang yang pagi tadi (23/01) masih digembok. (Foto: kang Adetruna)
Toilet pada bangunan pos yang ada di Taman Kota Soreang digembok pertanda belum difungsikan. (Foto: kang Adetruna)
Pohon haur koneng ngora (bambu kuning muda) persis ditanam di depan pintu toilet di Taman Kota Soreang. (Foto: kang Adetruna)
Kontruksi besi dirancang agar menaungi orang yang melewatinya di Taman Kota Soreang. (Foto: kang Adetruna)
Tempat duduk yang ditengahi oleh pot bunga di Taman Kota Soreang. (Foto: kang Adetruna)
Tampak muka bangunan yang diperbarui pasca dikotori tangan-tangan jahil di Taman Kota Soreang.(Foto: kang Adetruna)
Saya kira pihak pemerintah kabupaten melalui pejabatnya perlu turun ke lapangan dan mensosialisasikan kembali perlunya semua pihak untuk menjaga Taman Kota Soreang agar senantiasa asri dan terawat.

Dan beberapa infrastruktur lain yang perlu sekali terdapat di Taman Kota Soreang yaitu; petugas kebersihan yang piket di sekitar taman dari pagi hingga sore, tempat sampah, pengawas taman yang bertugas mencatat beberapa sarana yang perlu diperbaiki, seperti melaporkan jogging track yang rusak dan segera diperbaiki.

Terakhir, pembaca... Sesama warga Soreang - sebagai warga yang baik - Yuk, kita sama-sama menjaga dan merawat ruang-ruang publik atau ruang terbuka hijau yang ada di sekitar kita, termasuk Taman Kota Soreang. Sebelum mengingatkan orang lain mari kita mulai dari diri kita sendiri. [|]

Comments

  1. yang penting itu menjaga kebersihan tidak coret2. Bisa??? harus bisa. Pertanma ahrus ada satpam yang terus-terusan menegur. Sampai lama-lama warga mau tak mau tak mengotori taman lagi. Pernah saya jalan di taman balai kota Bandung. Ada ibu yang bilang, eh janagn buang sampah sembarangan nanti dimarahin satpam. Jadi sudah aad kesadaran walau akrena takut tp gak apa-apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setuju, Budaya menjaga kebersihan pada awalnya bukan atas dasar kesadaran sendiri - tapi lama-lama akan sadar dan menjadi kebiasaan.

      Delete

Post a Comment